Senin, 25 Februari 2013

Sumbar Akan Kumpulkan Arsip Daerah Dari Tangan Masyarakat dan Luar Negeri


Sumatera Barat akan mengumpulkan seluruh arsip yang masih tercecer di tengah masyarakat dan di luar negeri. Hal ini terkait dengan banyaknya arsip-arsip Sumbar, yang belum di miliki oleh pemerintah.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, bahwa pemerintah sudah menyiapkan anggaran pengumpulan arsip tersebut. Menurutnya, arsip yang terkait seni dan budaya tentang Sumbar, masih berada di tangan masyarakat, dan itu harus di miliki oleh pemerintah, meski hanya berupa soft copy.

Sementara itu, Kepala Arsip Nasional RI, M.Asichin mengatakan, bahwa pihak pemerintah pusat akan ikut membantu Pemprov Sumbar, dalam mengumpulkan arsip-arsip yang ada di luar negeri. Hal ini bertujuan, agar arsip yang tidak di miliki dan masih kosong di perpustakaan Sumbar, dapat terisi. Menurutnya, saat ini sebagian besar arsip tentang Sumbar masih berada di Belanda, Jepang dan Australia.

Ia juga mengatakan, salah satu tujuan dari pengumpulan arsip ini, juga untuk mengenal dan mengetahui seni dan budaya yang dimiliki Sumbar. Bahkan dengan adanya arsip ini, juga memperkuat proses pematenan seni dan budaya Sumbar, yang hingga kini belum di patenkan.(001)

Tidak ada komentar: