Rabu, 06 Februari 2013

Pemprov Sumbar Tak Lagi Alokasikan Dana Pengembangan Pariwisata di Daerah

4 daerah di Sumatera Barat, akan di jadikan daerah destinasi unggulan Wisata 2013. Ke-4 daerah tersebut adalah Kota Padang, Sawahlunto, Bukittinggi dan Padang Panjang. Bahkan hari ini, Pemkab dan Pemko setempat juga telah melakukan MOU dengan Pemprov Sumbar, untuk keseriusannya dalam mengembangkan pariwisata di daerah tersebut.


Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, di pilihnya ke-4 daerah tersebut disebabkan, karena ke-4 daerah itu telah dianggap siap untuk saat ini, baik dari segi sarana dan prasarana maupun dukungan dari pemerintah setempat. Namun menurutnya, tidak menutup kemungkinan bagi daerah lain, untuk masuk dalam daerah unggulan pariwisata Sumbar, jika sudah dianggap siap.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Burhasman mengatakan, adanya MOU tersebut juga sekaligus untuk menanggapi keluarnya Peraturan Menteri Dalam Negeri No.32 dan 37, yang menyatakan bahwa Pemerintah Provinsi tidak bisa ikut terlibat langsung, dalam pengembangan pariwisata di daerah. Sehingga, sudah tidak ada lagi anggaran dana yang di siapkan untuk membangun infrastruktur pariwisata untuk Kab/Kota. Namun menurutnya, pihak Provinsi hanya dapat membantu daerah, dalam segi promosi saja.

Untuk itulah, pihak Provinsi bekerjasama dengan pihak Kab/Kota, agar dapat mempromosikan pariwisata Sumbar yang ada di daerah secara bersama. Apalagi Burhasman mengatakan, pihak Pemprov Sumbar sudah mengalokasikan agaran dan tempat-tempat yang dapat di jadikan promo wisata Sumbar, baik beruapa baliho maupun ajang hgpromosi di luar negeri.(001)

Tidak ada komentar: