Kamis, 07 Februari 2013

Gempa 5,6 SR di Sumbar, Picu Aktivitas Gunung Talang

Gempa dengan kekuatan 5,6 SR yang terjadi pagi tadi, menyebabkan aktivitas gunung Talang yang berada di Kab.Solok ikut bereaksi. Gempa tersebut diketahui dari BMKG, beralokasi 1.51 LS, 100.18 BT 56 km Barat Daya PESISIR SELATAN dengan kedalaman 10 Km.

Manajer Pusdalops BPBD Sumbar, Ade Edward mengatakan, dari laporan yang di terimanya dari pengamat gunung Talang, Daliva Marjusi, setelah gempa terjadi lonjakan aktifitas yakni 5 kali gempa tektonik dalam, 18 kali tektonik dangkal, 15 kali tektonik jauh, dan gempa tremor-tremor, dengan total gempa di gunung api dalam satu jam mencapai  630 kali gempa.Bahkan  letusan di puncak gunung itu, mengeluarkan awan putih setinggi 500 meter itu tidak ada debu.


Sementara itu, status Gunung Talang sampai siang ini masih waspada.Menurut Ade Edward, tidak ada gelombang pengungsian warga akibat gempa dan letusan gunung berapi tersebut, namun radius 2,5 kilometer dari puncak tetap terlarang.

Manager Pusdalops PB BPBD Sumbar Ade Edwar menambahkan, fenomena gempa berkaitan dengan aktifitas gunung api, tadi pagi dibuktikan. Gempa Subuh di Painan, yang getarannya dirasakan hampir seluruh daerah di Sumbar telah memicu peningkatan aktifitas gunung api Talang. Pihaknya masih melakukan pemantauaan terus terkait update kondisi di Gunung Talang.

Bahkan gempa Subuh, 5,6 SR juga dirasakan kuat di Muaralabuh Solok Selatan. Kemungkinan menurut Ade, juga dapat memicu aktifitas Gunung Kerinci. Sementara Gunung Marapi, gempa Subuh tadi tidak mempengaruhi aktifitasnya.(001)

Tidak ada komentar: