Senin, 25 Februari 2013

PEMPROV SUMBAR TUNGGU REALISASI BANTUAN AAF 4 MILLIAR US DOLLAR


Pemerintah Provinsi Sumatera Barat masih menunggu kepastian Asia Africa Foundation (AAF), sebuah lembaga kemanusiaan internasional, yang berjanji akan mengucurkan dana sebesar 4 miliar US dollar untuk upaya pemulihan pasca gempa 2009.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno mengatakan, sejauh ini realisasi bantuan tersebut masih dalam proses. Dari kabar sementara, pihak AAF telah membuka rekening di Singapura untuk mewadahi dana asing, yang nantinya akan disalurkan ke Sumatera Barat. Menurut Irwan Prayitno, sesuai kesepakatan dengan pihak AAF sebelumnya, saat ini Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah menyiapkan tim kerja sekaligus proyek-proyek yang akan diajukan. Ia mengatakan, jika bantuan terealisasi, maka penggunaannya diprioritaskan untuk Percepatan Rekonstruksi Rumah Sakit Umum Pusat M Jamil Padang, Pembangunan Masjid Raya Sumatera Barat, dan Kantor Gubernur.

Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno berharap, bantuan yang dijanjikan oleh Asia Africa Foundation-AAF dapat segera terealisasi tahun ini, agar perbaikan gedung perkantoran di Sumatera Barat yang belum diperbaiki pasca gempa 2009 bisa segera diselesaikan.

Sebelumnya, AAF berjanji akan membantu Sumatera Barat sebesar 4 Miliar US Dollar yang ditandai dengan penandatanganan Partnership Agreement antara dua belah pihak pada tanggal 7 November tahun 2012 lalu di Aula Gubernuran, Padang. Dana itu rencananya akan diberikan secara bertahap dengan jangka waktu 10 tahun. Namun, bantuan itu bisa berupa hibah jika dipergunakan sebagai rekonstruksi gedung pemerintahan, pembangunan mitigasi bencana dan fasilitas umum. Tetapi jika diperuntukkan sebagai pembangunan proyek komersial, maka dikategorikan sebagai pinjaman lunak.(Des/001)

Tidak ada komentar: