Selasa, 12 Februari 2013

Pemprov Sumbar Tak Dukung Putri Indonesia Ikut Miss Universe

Pro dan kontra atas terpilihnya Putri Indonesia 2013 asal Sumatera Barat hingga kini terus berlanjut. Meski banyak yang merasa senang dan bangga, namun tak sedikit orang yang pesimis dengan terpilihnya Wulandari Herman di ajang ini, salah satunya adalah Pemprov Sumbar.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Burhasman mengatakan, dengan terpilihnya putri asal Sumbar, setidaknya akan lebih menarik mata nasional dan Internasional ke Sumatera Barat. Namun di samping itu, dengan akan diikutinya ajang selanjutnya yaitu pemilihan Miss Universe, akan ada yang akan bertentangan dengan budaya Minangkabau.


Menurutnya, jika nantinya Wulandari mengikuti Miss Universe, maka yang bersangkutan akan menggunakan pakaian yang tak pantas di kenakan oleh orang minang, dan hal ini akan sangat bertentangan dengan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah, yang selama ini di pegang teguh oleh masyarakat Minang.

Burhasman juga menambahkan, hal tersebut tentunya akan berbeda, jika Wulandari tidak mengenakan pakaian yang di anggap tabu tersebut. Namun menurutnya, semua itu tergantung kepada Wulandari yang akan menjadi wakil Indonesia di dunia Internasional.(001)

Tidak ada komentar: