Kamis, 07 Februari 2013

Gempa Subuh di Sumbar, Belum Sentuh Megathrust Mentawai

Gempa Subuh yang menggucang Kota Padang dan beberapa kawasan Sumbar pagi tadi, masih jauh dari titik api Megathrust Mentawai. Dari hasil pengamatan beberapa ahli yang sudah di publikasikan ke seluruh dunia, gempa yang kemungkinan akan terjadi pada patahan Megathrust Mentawai, memiliki kekuatan gempa 8,9 SR.

Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, meski dua kali gempa dirasakan di Padang, ternyata belum melepaskan energi di Megathrust. Menurutnya, sampai saat ini energi di Megathrust Siberut masih tersimpan. Namun Ia mengatakan, energi yang tidak terlepas inilah yang perlu di wasapadai oleh masyarakat dan semua pihak.


Menanggapi adanya Megathrust di Mentawai tersebut, hari ini 18 Negara yang terdiri dari 10 Negara-negara Asean dan 8 negara lainnya berkumpul di Kota Padang, untuk membahas konsep kesiap siagaan menghadapi Megathrust. Bahkan menurut Kepala BNPB RI Syamsul Ma'arif, tidak hanya akan membahas konsep, direncankan pada bulan April mendatang juga akan di gelar simusalasinya yang di lanjutkan dengan simulasi secara besar-besaran di daerah Mentawai pada tahun depan.

Ia menambahkan, simulasi pada tahun 2014 tersebut, juga akan melibatkan kapal perang dan pasukan bersenjata dari negara internasional. Ia berharap, dengan adanya simulasi tersebut, akan membuat semua kalangan siap dalam menghadapi kemungkinan yang akan terjadi.(001)

Tidak ada komentar: