Selasa, 12 Februari 2013

Kurangi Kemacetan, Padang Pasang Alat Canggih

Untuk meminimalisir masalah kemacetan pada beberapa titik di Kota Padang, Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Padang, akan memasang 5 unit Area Traffic Control System atau ATCS, untuk mengurai kemacetan terutama pada jam-jam sibuk. Pemasangan 5 unit traffic light bantuan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat itu, akan dimulai bulan Maret mendatang.


Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Padang FIRDAUS ILYAS mengatakan, problema kemacetan terutama di jam-jam tertentu, merupakan pemandangan yang kerap terjadi di Kota Padang. Berbagai upaya telah dilakukan, seperti penempatan petugas, maupun dengan menambah traffic light manual. Namun upaya itu belum maksimal, karena kemacetan masih saja terjadi.

Menurut FIRDAUS ILYAS dengan dioperasikannya 5 unit Area Traffic Control System mendatang, kemacetan dapat diurai secara tuntas. Hal itu dikarenakan, ATCS bekerja berdasarkan input data lalu lintas, yang diperoleh secara real time melalui kamera CCTV pemantau lalu lintas pada titik-titik persimpangan. Penentuan waktu siklus lampu persimpangan, dapat diubah berkali-kali dalam satu hari, sesuai kebutuhan lalu lintas yang mencakup keseluruhan wilayah tersebut.

Lebih lanjut Kepala Dinas Perhubungan dan Informatika Kota Padang FIRDAUS ILYAS menjelaskan, ke 5 traffig light modern atau ATCS itu, akan menghabiskan anggaran 3,6 milyar rupiah. Nantinya, alat tersebut akan dipasang pada beberapa titik atau kawasan rawan macet, yakni Simpang Telkom Padang Baru, depan Kantor Dinas Pendidikan, Simpang Bank Indonesia, Simpang Kandang dan Simpang Sawahan.(D)

Tidak ada komentar: