Kamis, 28 Februari 2013

Jalan Menuju BIM Bernama Jln.St.M.Rasyid


Banyak cara yang bisa dilakukan untuk memberikan penghargaan kepada para pahlawan bangsa. Di antaranya dengan mengabdikan nama mereka sebagai nama tempat-tempat penting seperti bandar udara, gedung dan ruas jalan. Tujuannya agar masyarakat tetap mengenang dan menauladani perjuangan para pahlawan tersebut.

Terkait dengan hal itu, Pemerintah bersama DPRD Kabupaten Padang Pariaman telah menetapkan nama Mr Sutan Muhammad Rasyid sebagai nama ruas jalan menuju Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Pagi ini Peresmian dilakukan oleh Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno bersama Ketua DPD RI Irman Gusman.

Menurut Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Padang Pariaman Zahirman, acara peresmian ini berlokasi di atas jalan layang (fly over) Duku, Kecamatan Batang Anai. “Ruas jalan yang akan diresmikan dengan nama Mr Sutan Muhammad Rasyid membentang dari fly over menuju BIM,” ujar Zahirman.

Pada acara peresmian itu, lanjutnya, sejumlah tokoh nasional asal Sumatera Barat ikut hadir, antara lain Ketua Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI) Irman Gusman, mantan Menko Kesra Azwar Anas serta sejumlah pengusaha, termasuk keluarga Mr Sutan Muhammad Rasyid seperti putra bungsu almarhum, Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Arwin Rasyid.

Proses penetapan nama Mr Sutan Muhammad Rasyid sebagai nama ruas jalan Duku – BIM sudah berlangsung sejak lama. Namun, puncaknya baru dicapai dengan adanya persetujuan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Padang Pariaman Nomor 03/KEP.D/DPRD-2013 tanggal 25 Januari 2013.

Naskah persetujuan dalam bentuk peraturan daerah itu diserahkan Bupati Ali Mukhni bersama Ketua DPRD Eri Zulfian kepada ahli waris Mr Sutan Muhammad Rasyid dalam suatu acara syukuran di rumah Arwin Rasyid di Jakarta.(001)

Tidak ada komentar: