Sabtu, 09 Februari 2013

2013 Sumbar Bangun 20 Shelter


20 dari 300 unit lebih kebutuhan shelter di Sumatera Barat, bulan Maret 2013 mendatang, pembangunannya akan dimulai setelah bulan ini dananya dari pemerintah cair.
 
Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat, Ali Asmar mengatakan, shelter itu akan dibangun di enam kabupaten dan kota yang berada disepanjang perairan Sumatera Barat.
 
“20 unit shelter yang akan dibangun tahap awal ini yaitu di Kota Padang, Kota Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman, Kabupaten Agam dan Kabupaten Pasaman Barat serta Kabupaten Pesisir Selatan,” kata Ali Asmar kepada wartaan didampingi Kepala BPBD Sumbar Yazid Fadhil Jum’at, (08/02).
 
Ali Asmar berharap kepada masyarakat untuk mendorong percepatan pembangunan shelter, karena manfaatnya untuk bersama.
 
“Partisipasi masyarakat dala bentuk dukungan sangta diharapkan, sehingga percepatan pembangunnya bisa dilaksanakan dengan baik,” kata Ali Asmar.
 
Sementara itu Kepala BPBD Sumatera Barat, Yazid Fadhil mengatakan, dari 20 unit shelter yang akan dibangun, empat unit diantaranya dibangun di Kota Padang dan satu unit di Kabupaten Pasaman Barat serta dua unit di Kabupaten Agam.
 
“Konsep bangunannya tidak hanya sebatas tempat evakuasi sementara ketika stunami terjadi, juga berfungsi sebagai tempat ibadah, fasilitas umum, sekolah dan olahraga,” kata Yazid Fadhil.
 
Disamping itu akan dibangun berupa shelter alam yang dilengkapi sarana olahraga dan taman.
 
“Tiga dari empat shelter yang akan dibangun di Kota Padang, akan dibangun berupa shelter alam, yaitu di Lapangan Udara Tabing Padang dan Gunung Pangilun serta di Gunung Padang,” tambah Yazid Fadhil.
 
Shelter alam yang akan dibangun di Gunung Padang, direncanakan akan disediakan gudang sebagaitempat logistik yang dikirim melalui jalur laut angun
 
Pemerintah provinsi Sumatera Barat hingga kini masih menunggu dana pembangunan itu cair, sementara lahan pembangunannya sudah tersedia.
Sementara itu, Kepala BNPB Syamsul Maarif mengatakan, pemerintah segera mengucurkan pencairan dana pembangunan shelter dan sosialisasi siaga stunami dalam bulan ini sekitar Rp1 triliun. Sekitar Rp400 miliar diantaranya akan diberikan ke Provinsi Sumatera Barat. Dana sebesar itu akan dipergunakan untuk pembangunan 100 unit shelter. (MF)

Tidak ada komentar: