Selasa, 19 Februari 2013

Di Desak Forum Editor, Wako Padang Janji Cari Pelaku Penembak Wartawan

Forum Editor Sumatera Barat, mendesak Pemerintah Kota Padang, ikut melindungi para wartawan saat melakukan liputan. Hal ini terkait, dengan serangkaian kekerasan yang di terima wartawan di Kota Padang belakangan ini. Jika sebelumnya beberapa wartawan di pukuli oleh oknum TNI AL, pada malam Valentine para wartawan bahkan di berondong dengan pistol orang tak dikenal, saat ikut dalam razia yang digelar oleh Satpol PP Kota Padang, dikawasan Muaro Padang. Namun beruntung, pada saat tersebut pistol yang digunakan tidak meletus dan melukai wartawan.


Walikota Padang, Fauzi Bahar mengatakan, akan ikut serta dalam menindak kekerasan yang dilakukan terhadap wartawan. Bahkan Ia berjanji, akan mencari pelaku penembakan terhadap wartawan tersebut hingga tertangkap. Menurutnya, Pemko Padang juga akan ikut membuat laporan tertulis pada pihak kepolisian, agar kasus kekerasan tidak lagi menimpa wartawan.

Wako juga menambahkan, akan meminta seluruh pihak terkait termasuk bawahannya, agar memahami tugas wartawan pada saat meliput sebuah berita. Ia juga meminta kepada Satpol PP, Dinas Pasar dan setiap instansi terkait, dapat menjaga dan memberi rasa aman pada wartawan, yang ikut dalam setiap kegiatan yang dilakukan, baik razia maupun penertiban.

Sementara itu, salah seorang dari forum editor, Medi Rosana mengatakan, bahwa apa yang di upayakan oleh Forum Editor ini, merupakan salah satu upaya melindungi wartawan kedepannya dalam setiap liputan. Menurutnya, wartawan adalah garda terdepan dari sebuah media, dalam mencari informasi yang akan di sampaikan kepada masyarakat. Sehingga, jika ada satu orang sekalipun wartawan dari media apapun mendapatkan perlakuan tak wajar dari seseorang ataupun oknum aparat, maka seluruh media termasuk Forum Editor Sumbar akan bergerak.(001)

Tidak ada komentar: