Minggu, 03 Februari 2013

Orari Cadangan Komunikasi Nasional, Bukan Sekedar Penyalur Hobi


Keberadaan Orari di daerah harus dioptimalkan, khususnya dalam mendukung penyebaran informasi program pemerintah dan berperan serta dalam pembangunan kesejahteraan masyarakat. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum Orari, Letjen Purnawiran Sutiyoso, pada pelantikan kepengurusan Orari Daerah Sumatera Barat periode 2012-2017, di gedung Triarga Bukitinggi, Sabtu malam (2/02).

Menurut Sutiyoso, sebagai organisasi yang memiliki jaringan Internasional, Orari di daerah harus memberikan manfaat positif sebagai sarana komunikasi, dan tidak hanya dijadikan sebagai wadah penyalur hobby Radio amatir semata. Untuk itu, kepengurusan baru Orari Sumatera Barat yang diketuai Wakil Gubernur Sumatera Barat Muslim Kasim, harus mampu bekerjasama dan membantu pemerintah menyebarluaskan informasi, khususnya ketika terjadi kerusakan moda komunikasi umum akibat bencana alam. Dalam situasi darurat bencana, anggota Orari di daerah dituntut siap memfungsikan diri sebagai cadangan komunikasi untuk menyebarkan berita-berita terkini tentang keadaan daerah dan masyarakat pasca bencana.


Hal senada juga diungkapkan, Ketua Orari Daerah Sumatera Barat Muslim Kasim. Menurutnya, potensi bencana tinggi yaang dimiliki Sumatera Barat,  harus diiringi dengan kesiapan mitigasi dan penanggulangan bencana. Untuk itu, tekad dan upaya Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dalam memberikan jaminan keselamatan masyarakat dalam menghadapi bencana, harus didukung oleh semua pihak termasuk Orari sebagai cadangan komunikasi nasional.(Dhe)

Tidak ada komentar: