Jumat, 08 Februari 2013

3 Daerah Bertambah, Jarak Tempuh TDS 2013 Ikut Bertambah


Iven balap sepeda internasional Tour de Singkarak pada tahun 2013 akan menambah jalur menjadi 1.000 kilometer, dari 840 km di tahun 2012 lalu. Panjangnya rute tersebut, menyusul bakal masuknya Kabupaten Dharmasraya dan Solok Selatan sebagai penyelenggara.

Kepala Dinas Pariwisata Sumatera Barat, Burhasman mengatakan, selain Dharmasraya dan Solok Selatan, Kab. Pasaman juga ikut mengajukan diri sebagai penyelenggara TDS 2013. Bahkan nantinya, TdS ini bisa saja berkembang sampai ke Riau dan daerah lainnya di Sumatra. Namun menurutnya, hal ini masih menunggu survey tim penilai termasuk dari Tim Aso Perancis.

Selain ada penambahan rute TdS, untuk pembukaannya juga sudah dipastikan akan digelar di Kota Bukittinggi. Bahkan untuk hadiahnya, juga bakal meningkat menjadi Rp1,2 miliar, yang akan diperebutkan sekitar 250 pembalap luar dan dalam negeri yang tergabung dalam 15 tim.

Sementara itu, Wakil Gubernur Sumbar Muslim Kasim menyebutkan, dampak TdS bagi Ranah Minang sangat luar biasa untuk recovery ekonomi pasca gempa tahun 2009. Tahun 2012, jumlah kunjungan wisman ke Sumatra Barat naik 7,1 persen.

Muslim juga memastikan bahwa TdS 2013 yang akan di gelar dari tanggal 2 hingga 9 Juni ini, bakal diliput melalui helikopter dari udara untuk mengabadikan momen keindahan alam Minangkabau.(001)

Tidak ada komentar: