Jumat, 01 Februari 2013

Pemerintah Sumbar Takkan Transmigrasikan Warga di Daerah Rawan Longsor

Pelaksanaan transmigrasi untuk warga Sumbar, hanya akan menjadi pilihan terakhir yang dilakukan pemerintah, untuk memindahkan warga dari daerah rawan bencana di Sumbar. Bahkan saat ini, Pemerintah Kabupaten Agam, telah menyiapkan daerah yang akan di huni warga, yang lokasinya masih berada di daerah Agam.


Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, untuk memindahkan warga dari lokasi longsor di daerah Tanjung Raya Agam, Pemkab Agam sudah menyiapkan lokasi di daerah Dama Gadang, Nagari Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya, yang lokasinya tidak jauh dari PLTA Maninjau dengan luas lebih kurang 50 hektar. Menurutnya, langkah ini jauh lebih baik dibandingkan transmigrasi, yang prosesnya terlalu panjang dan berbelit-belit. Bahkan hal ini juga belum menjamin, permasalahan warga akan teratasi.

Gubernur juga menambahkan, masyarakat disekitar daerah rawan bencana harus mau secara sukarela dipindahkan, karena musibah longsor dan galodo tidak dapat diprediksi baik lokasi maupun waktu datangnya. Selain itu Ia juga menghimbau pada Pemerintah kabupaten dan kota, agar lebih tegas kepada warga, supaya bersedia dipindahkan kelokasi yang lebih aman.(001)

Tidak ada komentar: