Kamis, 14 Februari 2013

Dharmasraya dan Solsel Jawab Keraguan Jadi Pelaksana TDS 2013


Kabupaten Dharmasraya dan Solok Selatan, tak akan main-main dalam menghadapi Iven TDS 2013. Meski diragukan keikutsertaannya, namun kedua daerah tersebut sudah menyiapkan anggaran miliaran rupiah, untuk dapat ikut menjadi pelaksana pada TDS 2013.

Sekretaris Daerah Kab. Solok Selatan, Fachril Murad mengatakan, untuk kerusakan jalan di Solsel, sebenarnya tidak terlalu parah, dan hanya butuh tambal sulam. Menurutnya, jalan yang rusak cukup panjang, hanya pada daerah Kab.Solok yang merupkan tanggaung jawab dari pemerintah setempat dan Pemprov Sumbar. Untuk rute jalan di Solsel sendiri, dapat menempuh jarak 176 KM.

Ia juga mengatakan, untuk menghadapi TDS 2013, Pemkab Solsel sudah menyiapkan anggaran 4 Miliar Rupiah lebih, baik yang akan di gunakan untuk perbaikan jalan yang rusak, maupun meningkatkan fasilitas di Rumah Gadang, yang akan menjadi salah satu andalan di Solsel.

Sementara itu, Sekda Dharmasraya Benny Muhktar mengatakan, bahwa Pemdanya juga tidak mau kalah dari segi persiapan TDS 2013. Dengan jarak tempuh jalan yang dapat dilalui 150 km, Dharmasraya juga sudah menyiapkan anggaran 11,5 Miliar Rupiah, 10 miliarnya akan dialokasikan perbaikan jalan yang rusak.

Menurutnya, Dharmasraya adalah salah satu daerah yang baru menjadi bagian dari TDS 2013, karena memiliki situs budaya yang belum banyak diketahui orang lain. Namun jika jalan lintas tidak bisa digunakan, maka Pemkab setempat menyiapkan beberapa alternatif lain, untuk pelaksanaan TDS, termasuk menggunakan rute dalam daerah Kabupaten.(001)

Tidak ada komentar: