Kamis, 02 Mei 2013

Jurnalis Kritisi Pendidikan Sumbar Lewat Foto

Sedikitnya 40 foto karya anggota Pewarta Foto Indonesia Sumatera Barat, hari ini menghiasi peringatan Hari Pendidikan Nasional di Halaman Kantor Gubernur setempat. Foto hasil jepretan sejak tiga tahun belakangan tersebut, memperlihatkan kondisi nyata pendidikan di ranah minang yang masih memprihatinkan.

Ketua PFI Sumbar, Igoy Al Fitrah mengatakan, pameran foto yang di gelar hari ini, merupakan bentuk kritik terhadap pemerintah, yang masih belum begitu memperhatikan dunia pendidikan di daerah. Padahal, Pemerintah mengklaim sudah mengalokasikan anggaran pendidikan mencapai 20% dari dana APBN dan APBD. Untuk itu Ia berharap, pameran foto dari sejumlah jurnalis gabungan dari berbagai media ini, dapat membuka mata pemerintah dan masyarakat, bahwa masih ada dan masih banyak dunia pendidikan di daerah Sumbar yang masih memprihatinkan.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengatakan, bahwa pameran foto tersebut merupkan hal yang positif. Hal ini disebabkan, karena luasnya daerah terkadang kurang terperhatikan oleh pemerintah. Sehingga, apa yang telah di sampaikan oleh PFI melalui pameran foto tersebut, dapat menjadi masukan bagi pemerintah di daerah, atas apa langkah yang akan dilakukan kedepannya.

Namun menurut Gubernur, apa yang ditampilkan oleh PFI juga harus berimbang, dengan menampilkan juga foto-foto keberhasilan dan prestasi yang di capai dalam dunia pendidikan Sumbar.(001)

Tidak ada komentar: