Rabu, 08 Mei 2013

Investor Asing Ingin Segera Menjamah SDA Sumbar

Satu persatu utusan dari negara asing datang ke Sumatera Barat menyatakan minatnya untuk berinvestasi ataupun menjalin kerjasama. Dimulai pada hari Jum'at lalu, Konjen Jepang bertamu dengan Gubernur menyatakan niatnya untuk bekerjasama di segala sektor. Sehari berikutnya diikuti kedatangan Kedubes Amerika Serikat. Pada hari ini, giliran utusan utusan dari Slovakia yang datang mengajukan diri untuk menanamkan modalnya di bidang pengembangan energi panas bumi di Sumbar.

Setelah di konfirmasi, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, bahwa kunjungan Slovakia tadi, baru sebatas pembicaraan awal untuk menindaklanjuti keingintahuan negara tersebut, tentang titik-titik keberadaan energi panas bumi di Sumbar. Menurutnya, Sumbar memiliki 17 energi panas bumi yang tersebar di sejumlah Kab/Kota. Dari jumlah tersebut, 3 diantaranya telah dibidik dan diekplorasi, yakni angso duo solok selatan dan gunung talamau pasaman.

Sementara itu, untuk nilai investasi dari negara Slovakia, Gubernur mengatakan, masih belum diketahui, karena masih dalam tahap pemetaan. Sedangkan untuk energi panas bumi di gunung Talamau, yang rencananya akan digarap pengusaha turki, investasinya bernilai 7 Triliun rupiah.

Irwan Prayitno mengatakan, berdatangannya investor ke Sumbar, merupakan buah dari keseriusan pemerintah, yang gencar mempromosikan potensi Sumbar ke luar negeri.(001)

Tidak ada komentar: