Jumat, 08 Maret 2013

Padang KLB Hepatitis, CTPS Mulai di Gencarkan

Dinas Kesehatan Kota Padang, mulai gencar membangun tempat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS), setelah Kota Padang dinyatakan Kejadian Luar Biasa atau KLB Hepatitis. Sebelumnya ditemukan wabah hepa­titis, yang menyerang 21 murid SDN 47 dan SDN 42 Kelurahan Ko­rong­ga­dang, Kecamatan Ku­ran­ji, Kota Padang.


Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Frisdawati mengatakan, untuk mencegah penyakit itu mewabah, Dinkes akan memberikan bantuan tempat cuci tangan pakai sabun (CTPS), sebab, murid SD rentan dengan ketidakbersihan. Menurutnya, penyebaran virus hepatitis itu diduga saat siswa jajan di kantin dekat sekolah, dimana kantin itu dekat tumpukan sampah

Untuk itu Ia meminta pihak sekolah, agar lebih proaktif mening­katkan kebersihan lingkungan, karena lingkungan kotor sangat berpotensi terhadap pe­nyebaran penyakit kuning.

Lebih lanjut Frisdawati mengatakan, pihaknya tengah melakukan penyuluhan pada tiap-tiap sekolah, khususnya di Korong Gadang, melalui tenaga surveilans di Puskesmas Ku­ran­ji. Selain itu, Dinkes juga memberikan bantuan seng, untuk menghidupkan kembali kantin sehat di sekolah terse­but.

Frisdawati mengatakan, modal yang paling utama terbebas dari penyakit itu, berupaya hidup bersih secara berkelanjutan. Kalau prinsip itu dapat dijaga dengan baik, akan terhindar dari pe­nyakit.

Saat ini 21 murid yang terjangkit virus hepatitis tengah berobat dan dirawat di rumah masing-masing.

Sebelumnya, penyakit he­pa­titis mewabah di Kecamatan Kuranji. Setelah menyerang 21 murid SDN 47 Koronggadang, virus ini kian meluas hingga ke SDN 42, yang juga di Ko­ronggadang. Belasan murid SD positif terjangkit hepatitis.(MF/001)

Tidak ada komentar: