Senin, 04 Maret 2013

Jatah Solar Bersubsidi di SPBU di Kurangi, Jika Tak Jual Solar Non Subsidi

Pihak Pertamina kembali menegaskan, bahwa stock solar di Sumatera Barat tidak langka. Untuk stock solar non subsidi, saat ini masih mencukupi semua permintaan masyarakat, namun untuk stock solar bersubsidi, saat ini kuotanya dikurangi, karena sampai dengan bulan Februari 2013, jatah untuk Sumbar sudah over 8%.


General Manager Pertamina Area Sumatera Bagian Utara, Gandi Sri Widodo mengatakan, kelangkaan solar tersebut disebabkan karena banyaknya truck yang tidak mau membeli solar non subsidi, tetapi tetap ingin membeli solar bersubsidi. Padahal menurutnya, pertamina hingga kini telah menyiapkan 203 SPBU yang tersebar di 5 Provinsi dan 56 SPBU di seluruh Sumatera Barat, yang telah menjual solar non subsidi.

Selain itu, Gandi juga menambahkan, pihak Pertamina akan mengurangi jatah BBM Non Subsidi di setiap SPBU, jika tidak menjual BBM Non Subsidi. Bahkan berdasarkan rata-rata di tahun 2012, Pertamina telah mengurangi 11% suplai BBM Subsidi, di SPBU yang tidak menjual BBM non subsidi. Menurutnya, langkah ini diambil, agar SPBU tersebut dapat menjual BBM Non Subsidi dan tidak hanya menjual BBM bersubsidi saja. Selain itu, pertamina akan memberi sanksi kepada setiap SPBU yang berbuat kecurangan tersebut, termasuk yang menjual BBM dengan derigen. Ditahun 2012 lalu, sudah ada 15 SPBU yang di beri sanksi, karena melakukan pelanggaran-pelanggaran.(001)

Tidak ada komentar: