Rabu, 06 Maret 2013

Awas, Penyelewangan Anggaran di Tahun Politik


Pengamat Politik Universitas Andalas-UNAND Padang Profesor Nusyirwan Effendi mengatakan, di tahun politik saat ini, parpol telah mulai memanaskan pergerakan ataupun sosialisasi untuk menarik perhatian publik melalui berbagai kegiatan hingga ke daerah-daerah. Kegiatan parpol tersebut, tentu membutuhkan biaya yang sangat besar, bahkan tidak mungkin dipenuhi hanya dengan sumber formal parpol.

Dengan kebutuhan itu, menurut Profesor Nusyirwan, Parpol akan mencari celah menggunakan berbagai cara untuk mendapatkan dana dari infrastruktur partai yang ada di daerah. Dikhawatirkan, dari upaya penggalangan dana tersebut, terdapat cara haram yang kemungkinan dilakukan melalui konspirasi penyelewengan APBD, mengingat banyak kader parpol yang duduk menjadi anggota legislatif ataupun pejabat publik.

Profesor Nusyirwan menilai, permainan politik untuk mendapatkan anggaran bagi partai dalam menghadapi Pemilu, merupakan hal yang klise dan terus berulang. Untuk itu, Pemerintah, masyarakat maupun elemen kontrol sosial diminta melakukan pengawasan terhadap pergerakan partai, ditengah melehmahnya pengawasan di negeri ini.

Profesor Nusyirwan Efendi menambahkan, akar masalah terbentuknya konspirasi politik dalam penyelewengan anggaran Pemerintah untuk kepentingan partai, merupakan dampak dari ketidakmampuan pejabat publik maupun anggota legislatif yang merupakan kader partai dalam memisahkan urusan kerja dan partai. Untuk itu, di tahun politik ini, kinerja para kader partai yang duduk sebagai abdi masyarakat juga harus diawasi.(Des/001)

Tidak ada komentar: