Kamis, 14 Maret 2013

Dosen Muda Unand Protes Ke Rektor Karena Tak Dapat Proyek Penelitian

Belasan dosen muda Universitas Andalas, hari ini melakukan protes pada Rektor. Hal ini terkait, dengan adanya diskriminasi atau pilih kasih oleh rektor terhadap dosen-dosen muda, dalam melakukan penelitian.

Salah seorang dosen muda Unand M.Yunis mengatakan, bahwa selama ini yang mendapatkan bantuan atau proyek penelitian, hanya di berikan kepada pada dosen senior. Sedangkan dosen muda, tidak pernah mendapatkan kesempatan melakukan penelitian, dan hanya ditugaskan untuk mengajar semata. Padahal menurutnya, para dosen muda sudah pernah memasukkan skim proposal penelitian sebanyak 200 buah, tetapi ditolak.


Sementara itu, Rektor Unand, Wery Darta Taifur membantah, jika pihaknya melakukan diskriminasi tersebut. Menurutnya, Ia telah pernah memperjuangkan penelitian dosen muda ke DIKTI namun ditolak, karena alasan perubahan aturan. DIKTI menyarankan, agar penelitian dosen muda perguruan tinggi kategori utama, menjadi tanggung jawab dari pihak perguruan tinggi itu sendiri. Namun menurut Wery, saat ini Unand tidak mempunyai dana untuk penelitian dosen muda, karena kurangnya pemasukan ke Universitas.

Selama ini Rektor juga berasumsi, dosen senior ikut mengajak dosen muda dalam penelitiannya, namun hal ini ternyata tidak pernah dilakukan. Sehingga pengalaman dosen muda dalam melakukan penelitian tidak ada.(001)

Tidak ada komentar: