Rabu, 30 Januari 2013

Kursi dan Meja Sekolah Di Sumbar Akan Dibuat Dari Rotan

Sekolah di Sumatera Barat, akan menggunakan mebel dari rotan. Langkah ini diambil, dengan adanya larangan import rotan yang diterapkan oleh Pemerintah Pusat.


Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sumbar, Afriadi Laudin mengatakan, untuk memastikan hal tersebut, masih akan menunggu keputusan dari Kementrian Perindag RI. Namun untuk tahun 2013 ini, penggunaan mebel dari rotan tersebut, masih di fokuskan pada daerah-daerah penghasil rotan, seperti Padang, Solok Selatan dan 50 Kota, sebagai pilot project.



Kadinas Perindag Sumbar ini juga menambahkan, karena harga rotan saat ini masih tergolong tinggi, maka pembuatan kursi dan meja dari rotan tersebut, akan mendapatkan bantuan dari CSR yang dimiliki oleh perusahaan-perusahaan di Sumbar dan Indonesia. Namun menurutnya, anggarannya juga bisa diambil dari dana BOS, yang selama ini mengalokasikan pembelian kursi dan meja dari papan.


Ia juga mengatakan, langkah ini diambil, untuk mengembangkan Industri rotan di Sumbar. Hal ini disebabkan, karena jika rotan tidak diolah di dalam negeri, maka rotan ini akan kembali di jual masyarakat ke luar negeri.(001)

Tidak ada komentar: